Jelajah Hutan Anggrek nan Kekinian di Orchid Forest

DCIM101GOPROGOPR7361.JPG
Gerbang masuk Orchid Forest, Lembang, Bandung.

SENYUM Dani semringah. Tangannya memegang tongkat untuk berswafoto dengan gawai. Tangan lainnya merengkuh bahu seorang dara, kekasihnya yang sengaja ia ajak untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Topi, kacamata hitam, boots, serta jaket windbreaker tak ke­tinggalan ia gunakan untuk menahan embusan angin dingin pegunungan.

Jauh dari Tangerang, Dani yang juga mahasiswa tingkat akhir di sebuah perguruan tinggi swasta di Ibu Kota bertandang ke daerah Cikole, Lembang, Bandung, untuk menikmati destinasi yang baru diresmikan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada Agustus tahun lalu. Ya, ia dan pasangannya tengah berada di Orchid Forest Cikole, Lembang, Bandung Barat.

“Awalnya penasaran dengan hutannya. Lihat foto-fotonya di medsos (media sosial) bagus, pas didatengin ternyata betul bagus, instagramable banget,” ujar Dani saat ditemui Media Indonesia, akhir Juni silam.

Orchid Forest yang berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu ini awalnya ‘hanyalah’ hutan pinus yang dikelola PT Perhutani. Belakangan, hutan seluas 14 hektare tersebut dimodifikasi tanpa menghilangkan fungsi aslinya sehingga menjelma hutan ekowisata nan cantik.

Banyak area di Orchid Forest yang akan membuat pengunjung kerasan, baik sekadar untuk bersantai di bawah rimbun pepohonan, bermain dengan anak-anak, maupun untuk berfoto ria dengan latar belakang yang ciamik. Cukup banyak spot yang tampaknya memang disiapkan bagi mereka yang gemar mengabadikan momentum via mata kamera, seperti aneka rumah ataupun teras di atas pohon, juga berbagai instalasi seni.

Orchid Forest pun memiliki sejumlah area tematik yang membuat pengalaman pengunjung untuk berkegiatan di alam bebas semakin asyik, berikut di antaranya:

Wood Bridge

DCIM/102MEDIA/DJI_0497.JPG
Pengunjung melintasi wahana Wood Bridge di Orchid Forest, Lembang, Bandung.

Salah satu spot foto andalan milenial di Orchid Forest ini merupakan jembatan gantung yang terikat dari pohon ke pohon sepanjang sekitar 150 meter. Anda bisa menikmati suasana hutan dari ketinggian jembatan. Menjelang senja, lampu-lampu instalasi di sekitar jembatan akan menyala, yang tentunya akan membuat suasana makin romantis. Anda harus merogoh kocek Rp20 ribu per orang untuk melintasi jembatan. Sesampai di seberang, Anda yang ingin memacu adrenalin bisa terbang ke taman di bawahnya dengan flying fox. Namun, ada juga jalur tangga yang berhias lampu untuk penyuka jalan kaki.

Orchid House

Orchid Anggrek House Orchid Forest 2
Pengunjung berswafoto di depan wahana Orchid House di Orchid Forest, Lembang, Bandung.
DCIM101GOPROGOPR7411.JPG
Orchid House yang merupakan rumah kaca untuk menghidupi ratusan anggrek di Orchid Forest, Lembang, Bandung.

Anggrek merupakan inti hutan ini. Di tengah area hutan, terdapat rumah kaca dengan temperatur terjaga untuk menghidupi ratusan jenis anggrek di dalamnya. Anggrek-anggrek yang begitu cantik dengan beraneka warna tersebut siap memanjakan mata siapa pun yang melihatnya. Tersedia juga area untuk berfoto dengan latar belakang bunga anggrek. Masih kurang puas? Anda bisa memiliki langsung anggrek tersebut atau tanaman lain sebagai suvenir dengan membelinya di area pintu keluar Orchid House.

Teras Paphio

DCIM101GOPROGOPR7407.JPG
Suasana Teras Paphio di Orchid Forest, Lembang, Bandung.

Area ini berupa panggung alami yang di kelilingi kursi kayu serta jajaran pohon pinus yang jenjang sebagai latar belakang. Berbagai acara pernah diadakan di sini, mulai konser musik, reuni, hingga pesta pernikahan. Anda pun bisa sekadar duduk santai menikmati hutan ataupun foto-foto di area ini.

Rabbit Forest

DCIM101GOPROGOPR7442.JPG
Pengunjung asyik bercengkerama dengan kelinci di wahana Rabbit Forest, Orchid Forest, Lembang, Bandung.

Siapa yang tak suka dengan kelinci imut menggemaskan? Di Rabbit Forest, anak-anak hingga orang dewasa bisa bermain bersama kelinci-kelinci yang lucu. Miniatur hutan, jembatan, dan rumah kayu menjadi arena kelinci bermain. Dengan membeli seikat wortel seharga Rp5 ribu, Anda bisa turut memberi makanan favorit kelinci-kelinci tersebut.

Orchid Castle

DCIM101GOPROGOPR7454.JPG
Anak-anak asyik bermain di wahana khusus anak-anak di Orchid Castle, Orchid Forest, Lembang, Bandung.

Tak perlu khawatir jika anak Anda rewel. Ada wahana khusus yang bakal menghibur anak-anak. Di Orchid Castle yang membutuhkan tiket tambahan seharaga Rp40 ribu, anak-anak bisa bermain di miniatur jalan raya dengan mobil-mobilan, ada juga miniatur istana, hingga flying fox mini yang tentunya aman untuk digunakan buah hati Anda.

Putt-Putt Golf

Putt-Putt Golf Orchid Forest
Pengunjung bermain mini golf di wahana Putt-Putt Golf, Orchid Forest, Lembang, Bandung.

Wahana ini merupakan yang paling baru jika dibandingkan dengan wahana lain di Orchid Forest. Dengan tiket tambahan seharga Rp20 ribu, mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa bisa bermain di lapangan golf mini yang telah dimodifikasi dengan berbagai rintangan. Seru!

 

Artikel ini juga dimuat di Travelista Media Indonesia edisi Minggu, 7 Juli 2019.

MI Orchid Forest
Travelista Media Indonesia mengenai Orchid Forest.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s