Jika Seorang Pendaki Berhenti Merokok . . .

 

 

Poster Rokok Luar Ruang-01

Penelitian Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan (PKEKK) Fakultas Kesehatan Masyarakat UI yang menyebutkan 72,3% perokok sepakat harga rokok minimal Rp50 ribu/bungkus akan membuat mereka berhenti merokok, baru-baru ini menjadi viral, baik di dunia nyata maupun maya.

Terlebih, ada juga berbagai pendapat, mulai dari BPJS Kesehatan sampai Wapres Jusuf Kalla, yang setuju bila harga rokok naik.

Sebenarnya, dengan harga yang ‘hanya’ Rp20 ribu/bungkus pun, para perokok (mungkin) tanpa sadar melakukan pemborosan yang lumayan lho.

Enggak percaya? Saya mencoba menganalis plus-plusnya jika teman-teman pegiat luar ruang pensiun menjadi ‘ahli hisap’.

 

Consina3 hari berhenti merokok:
Teman-teman langsung bisa membeli Consina waistbag tipe Camba yang hanya seharga Rp55.000.

 

eiger1 minggu berhenti merokok:
Sandal gunung Eiger tipe Lightspeed Clip Bar siap menemani ketika berkemah di luar ruang.

 

Petzl1 bulan berhenti merokok:
Makin kece deh hiking dini hari untuk ngejar sunrise ditemani headlamp Petzl Tikka XP 180 Lumens. Sepanjang jalur terang benderang!

 

MM2 bulan berhenti merokok:
Semua pasti setuju kalau tenda merek lokal ini punya kualitas yang enggak kalah dengan merek global. Yak, seri andalan Merapi Mountain yaitu Halfmoon 2 siap menaungi teman-teman hanya dengan berhenti merokok selama 2 bulan.

 

BD3 bulan berhenti merokok:
Meskipun masih banyak yang menganggap sebelah mata pentingnya trekking pole, tapi enggak ada salahnya memiliki Black Diamond Distance FLZ ini ketika berhasil berhenti merokok selama 3 bulan. Beratnya yang hanya 440 gram dan bisa dilipat ketika penyimpanan enggak begitu signifikan menambah beban di ransel kok.

 

Osprey4 bulan berhenti merokok:
Carrier super nyaman dan keren dari Osprey ini siap menempel di punggung teman-teman ketika berhasil berhenti merokok selama 4 bulan. Bahkan, menurut Outdoorgearlab, Osprey Atmos AG 65 merupakan top pick carrier pilihan karena kenyamanannya. Dalam skala 1-10 mereka memasukkan angka 10!

 

Salomon5 bulan berhenti merokok:
Kaki merupakan salah satu bagian tubuh terpenting untuk beraktivitas di luar ruang. Manjakan kaki kamu dengan sepatu Salomon Quest 4D II GTX. Menjadi top pick juga untuk kategori sepatu hiking di outdoorgearlab. Cengkeraman sepatu ini bisa membuat teman-teman makin agresif ketika mendaki.

 

TNF8 bulan berhenti merokok:
Siapa sih pendaki yang enggak mau ngerasain sensasi gunung es? Iris kuping saya kalau ada yang enggak kepingin, hehehe… Sebelum ke sana, teman-teman bisa nyicil jaketnya dulu supaya nyaman saat mendaki. Jaket The North Face Thermoball Snow Triclimate ini bisa banget membantu menghangatkan badan.

 

DSC_0195 copy

1 tahun berhenti merokok:
Kalau teman-teman mau mencoba 1 tahun berhenti merokok dan mengalihkan uangnya untuk disimpan, berarti udah punya tabungan Rp 7.200.000. Cukup untuk beli tiket ke Nepal? CUKUP! Bahkan, untuk tiket promo dari maskapai lowcost, harganya bisa di bawah itu. Tinggal pilih deh mau ke area mana, Annapurna Basecamp, Annnapurna Circuit, atau Everest Basecamp? Pilih tanggal keberangkatan jauh dari waktu pembelian tiket lebih baik, selain dapat harga jauh lebih murah, waktu yang ada kita persiapkan lagi untuk melengkapi ‘amunisi’.

Saya sendiri baru menginjak bulan ke-2 pensiun. Tanpa maksud apa-apa, sekadar karena saya sudah cukup kenyang dengan sakit dan ngilunya dada karena rokok. Kalau mencoba lagi dan harga rokok benar menjadi Rp 50 ribu/bungkus, siap-siap deh bakal sakit juga isi dompet 😀


2 thoughts on “Jika Seorang Pendaki Berhenti Merokok . . .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s