Manfaatkan Gawai Anda ketika Tersesat di Gunung

DSC_0436
Puncak Gunung Semeru terlihat dari Kalimati.

Dunia pendakian Indonesia kembali diramaikan kabar 2 pendaki hilang di Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Supyadi, 26, dan Zirli Gita Ayu Safitri, 16 tahun. Mereka berasal dari Cirebon, Jawa Barat.

Menurut rekan setim survivor, seperti dikutip dari Antara, Supyadi dan Zirli hilang kontak pada saat keduanya menuju puncak Semeru pada Kamis (19/5). Sementara, ia bersama 3 rekan lainnya urung ke puncak Semeru.

Minggu (22/5) malam, beredar gambar dan berita di jejaring sosial, bahwa Supyadi masih hidup dan mengirim SMS ke keluarganya di rumah. Ia mengabarkan belum bisa pulang karena tersesat, dan tengah berjalan mengikuti aliran air.

sms
Sms dari Supyadi, survivor Gunung Semeru, kepada keluarganya. Dok. Facebook

Namun, sampai dengan tulisan ini turun (Senin, 23/5), Tim SAR dan sukarelawan masih melakukan operasi pencarian dengan menerjunkan hingga 50 personel. Pendakian Gunung Semeru ditutup untuk sementara. Dengan SMS itu, bisa diambil dua kesimpulan, yaitu gawai survivor dapat menerima sinyal seluler, dan ia sadar tersesat. (Update info, Tim Basarnas Jember akhirnya berhasil menemukan kedua survivor pada Selasa, 24 Mei 2016, dalam keadaan selamat)

Sayangnya, survivor tidak dapat menginformasikan detil lokasi ia berada untuk mempermudah pencarian oleh Tim SAR. Padahal, dalam misi SAR selalu yang paling sulit yaitu saat proses search sebelum proses rescue di tahap selanjutnya.

Di zaman yang semakin maju, banyak orang memiliki gawai berbasis Android dan Apple. Nah, berikut aplikasi di Android dan Apple yang mungkin dapat membantu menyelamatkan Anda jika tersesat di luar ruang.

 

1. GPS Test

GPS Test
Tampilan GPS Test di Android.

Aplikasi gratis khusus gawai berbasis Android ini sangat mudah digunakan. Cukup mengaktifkan ‘location’ di gawai kita, secara otomatis aplikasi akan menginfokan titik koordinat di mana lokasi berada.

Aplikasi ini tidak membutuhkan sinyal dan internet. Dapat digunakan secara offline. Cukup mengirimkan SMS titik koordinat pada rekan saat mendapat sinyal seluler, Anda tinggal berfokus mencari sumber air dan membangun bivak untuk berlindung sampai dengan Tim SAR menemukan Anda.

 

2. Easy GPS

Easy GPS
Tampilan Easy GPS di Iphone.

Sistem kerja aplikasi ini sama seperti GPS Test di Android. Yang membedakan, aplikasi ini hanya untuk Iphone. Jangan khawatir dengan jumlah memori yang terbatas di gawai pabrikan besutan Steve Jobs ini, karena besarnya aplikasi ini hanya 5,7 mb.

 

3. Backcountry Navigator

Backcountry
Tampilan Backcountry Navigator.

 

Aplikasi ini sejatinya untuk bernavigasi. Jika Anda memiliki kemampuan membaca kontur peta dan bernavigasi darat, aplikasi ini dapat menolong jika Anda tersesat di gunung. Kontur pada peta dapat terlihat dengan jelas.

Namun, saat Anda tersesat, perhitungkanlah juga baik-baik ketersediaan baterai untuk gawai Anda. Jika dirasa sulit untuk kembali ke jalur normal, lebih baik Anda cukup memberi info koordinat ketika mendapat sinyal seluler untuk SMS.

Tidak memandang status senior, junior, tua maupun muda, semua pendaki memiliki kans untuk tersesat di gunung. Mari kita perkecil risiko pendakian dengan memanfaatkan teknologi dari gawai yang kita miliki.

ekspedisi tambora 1
Penulis ketika menemukan sinyal seluler di Pos IV Gunung Tambora via Desa Pancasila. Foto oleh Atet Dwi Pramedia
DSCF8114
Mari kita manfaatkan gawai kita untuk membantu beraktivitas di luar ruang. Foto oleh Irana Shalindra.

Tulisan terkait jika tersesat di alam terbuka bisa baca di >> Jangan Panik Tersesat di Alam Bebas


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s